Gebyar Kewirausahaan dan Kreasi Kuliner Siswa Jadi Andalan HUT ke 33 SMANJA

Dalam memperingati hari ulang tahun SMANJA besok pada tanggal 22 November 2018. Ada yang sedikit berbeda dengan acara tahun sebelumnya. Perayaan hari ulang tahun SMANJA akan diselenggarakan selama 3 hari.

Hari pertama tanggal 21 November adalah pengajian karena pada hari itu juga bertepatan dengan hari maulid nabi Muhammad SAW. Hari kedua tanggal 22 November adalah gebyar kewirausahaan, dan pentas seni dari internal yaitu dari siswa-siswi SMANJA sendiri. Pada hari ketiga 23 November adalah olahraga yang pernah dilakukan seperti tahun sebelumnya yaitu sepeda santai dan juga seni dari eksternal.

Daya tarik dalam perayaan HUT SMANJA yang ke-33 tahun besok adalah adanya rencana gebyar kewirausahaan, atau juga disebut pameran Prakarya dan Kewirausahaan ( PKWU). PKWU merupakan salah satu mata pelajaran disekolah.

Bu Widyarini Emma W., S.Pd.,M.Si selaku wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat mengatakan bahwa gebyar kewirausahaan, ini diadakan untuk menindaklanjuti ilmu yang telah diterima siswa-siswi dalam kegiatan pembelajaran PKWU.

Direncanakan acara ini diikuti oleh semua warga SMANJA dan beberapa perwakilan instansi, baik itu dari Kepala Sekolah SMA seluruh Kabupaten Pati, beberapa siswa-siswi SMP dan Kepala Sekolah SMP zonasi Jakenan, serta tamu undangan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah wilayah III.

Kegiatan ini tidak dibuka untuk umum dikarenakan alasan keamanan. Keamanan sekolah tidak cukup bisa mengawasi semua kegiatan tersebut bila ada masyarakat dari luar yang masuk, mengingat jarak gerbang sekolah dengan gedung serba guna cukup jauh.

Sebagai upaya untuk mengoptimalkan kegiatan gebyar kewirausahaan, sekolah menutup kantin dan koperasi sehingga yang mengikuti acara bisa menikmati hasil produk dari siswa saja.

Dalam acara gebyar kewirausahaan, sekolah menyediakan stand yang akan digunakan untuk menjual produk olahan makanan dan juga kerajinan. Setiap stand akan diisi oleh tiga kelas yang terdiri dari kelas 10, 11, dan 12. Acara ini dilaksanakan di sekitar gedung serbaguna agar kegiatan ini terpusat, karena pentas seni juga diadakan di gedung serbaguna.

Dengan adanya gebyar kewirausahaan diharapkan siswa dapat mengimplementasikan jiwa entrepreneur-nya sebagai ciri khas yang diinginkan kepala sekolah dalam acara ini. Serta menguji siswa-siswi apakah ilmu yang mereka dapatkan bisa diterapkan dengan baik atau tidak. Gebyar kewirausahaan, ini akan dilaksanakan beriringan dengan pentas seni dari siswa-siswi SMANJA.

 

*team Smanja Journalist Club

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *