0295-4790212

Didalam dunia pendidikan, adanya laboratorium IPS masih sangat kurang. Umumnya orang berpikir bahwa IPS merupakan pembelajaran teori yang berisi wacana-wacana saja, dimana praktikum sepertihalnya IPA sangat jarang dilakukan. Spekulasi tersebut salah besar. IPS merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang juga berlandaskan pada fenomena alam yang bisa dibuktikan keilmiahannya.

SMA Negeri 01 Jakenan (SMANJA) yang bertepatan dengan acara hari ulang tahunnya ke-33 pada hari Kamis, 22 November 2018 melakukan peresmian adanya laboratorium IPS disekolahnya. Hari tersebut dipilih agar bisa menjadikan kesan tersendiri bagi SMANJA. Peresmian ini diikuti oleh tamu undangan yaitu Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wil III , beberapa pengawas, 25 Kepala Sekolah dari Kabupaten Pati, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati.

Peresmian laboratorium IPS SMANJA ini berjalan dengan lancar. Laboratorium ini adalah wujud dari antusiasme warga SMANJA terutama jurusan IPS yang memiliki keinginan dalam membuktikan bahwa IPS bisa, mampu, dan ada. Dengan adanya laboratorium IPS ini, diharapkan jurusan IPS bisa mendapatkan fasilitas yang memadai sehingga siswa-siswi bisa belajar praktik, sejarah, dan lainnya.

Dalam membangun laboratorium IPS ini tidak mudah prosesnya. Laboratorium ini memadukan lima mata pelajaran yaitu Sosiologi, Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan PPKN, sehingga harus mengumpulkan barang-barang yang akan ditempatkan didalamnya. Dibutuhkan kelihaian dalam mencari dan mengumpulkan barang yang letaknya berbeda-beda serta jauh. Bapak Drs. Purwinardi selaku Kepala Laboratorium IPS berharap, untuk kedepannya labaratorium ini ruangannya bertambah. “Kami ingin  laboratorium IPS ini memiliki tiga ruangan diantaranya ruang etalase, praktikum, serta diskusi,” ujar beliau.

Semua tamu undangan yang hadir sangat antusias dalam mengikuti peresmian laboratorium IPS SMANJA. “Tidak semua SMA memiliki laboratorium IPS, saya baru pertama kali melihatnya disini. Untuk yang akan datang, diharapkan laboratorium IPS ini semakin berkembang. Secara keseluruhan, laboratorium IPS ini sudah memenuhi kriteria dan bagus sekali,” kata Bu Kuntarni selaku perwakilan Dinas Pendidikan yang hadir.

*Ulil, Firman (tim liputan    SJC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

If you Have Any Questions Call Us On 0295-4790212