0295-4790212

Selama ini dalam pembelajaran IPS banyak menggunakan teori dan sedikit menggunakan media pembelajaran. Fungsi Lab IPS itu sendiri sebenarnya untuk memfasilitasi agar pemahaman konsep ke IPS an bisa diterima secara konkret oleh siswa.

“Selain sebagai media pembelajaran Lab IPS juga bisa dijadikan sebagai bukti pembelajaran. Lab ini sebenarnya tempat untuk melihat proses, praktik dan lain sebagainya, tidak seperti Lab. IPA yang hanya berdasarkan teori. Lab tersebut merupakan gabungan dari lima mata pelajaran yaitu sosiologi, geografi, sejarah, ekonomi, PPKN, memadukan 5 mapel tersebut ternyata tidak mudah,” kata Pak Purwinardi, Koordinator Lab IPS.

Menurutnya, barang yang ada di Lab IPS tersebut mudah untuk didapat tapi sulit untuk dikumpulkan.

Secara resmi SMA N Jakenan akan meresmikan Lab IPS pertamanya bertepatan pada HUT yang ke-33. Acara dilaksanakan bertepatan dengan HUT SMA N Jakenan karena ingin mempunyai event khusus. Jadi dalam ultah tersebut SMANJA dapat memunculkan momen yang memiliki makna tersendiri.

Dijadwalkan, acara peresmian Lab. IPS akan mengundang Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Wilayah III, beberapa pengawas, dan 25 Kepala Sekolah se Kabupaten Pati.

“Banyak orang yang berkomentar bahwa Lab IPS seperti museum, tetapi pada hakikatnya materi Lab sekaligus yang dikaitkan dengan media dan proses benda-benda itu sendiri,” ujar Pak Purwinardi

“Tentu saja, kita pengen SMANJA ini maju dan berkembang bukan suara dari luar tapi dari dalam diri sendiri,” pungkasnya.

*tim liputan SJC SMANJA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

If you Have Any Questions Call Us On 0295-4790212