Ubah Mindset Siswa, SMANJA Adakan Gebyar Kreasi Kewirausahaan Siswa

Dalam ulang tahun SMA N 01 JAKENAN yang ke-33 tahun pada tanggal 22 November 2018 banyak acara yang diselenggarakan oleh sekolah, salah satunya yaitu gebyar PKWU(Prakarya dan Kewiirausahaan) disini para siswa-siswi diwajibkan untuk membuat kreasi, baik berupa makanan, minuman maupun kerajinan yang bisa dijual. Hal ini ditujukan agar para siswa-siswi agar bisa berlatihmenjadi sosok wirausahawan muda.

Hal ini seperti yang diinginkan oleh Bapak Kaslan S.Pd.Mat,M.M selaku kepala SMA N 01 JAKENAN ”diselenggarakannya gebyar pkwu agar merubah keinginan para muda-mudi menjadi pegawai negeri beralih ke wirausahawan yang bisa membuka lapangan kerja karena, menjadi pegawai negeri sekarang tidak gampang. Gebyar pkwu ini juga bermanfaat untuk penguatan karakter siswa-siswi” tutur beliau.

Banyak kendala yang dialami oleh para siswa salah satunya modal hal ini seperti yang diungkapkan oleh salah satu siswa. “Seharusnya gebyar ini dibiayai oleh sekolah atau diberi modal agar para siswa siswi bisa mengembangkan modal tersebut dan akan mengembalikannya kepada sekolah “ ucap Agung salah satu panitia dari OSIS.Bukan hanya modal yang menjadi kendala para siswa namun waktu yang berdekatan dengan PAS(Penilaian Akhir Semester ) menjadi kendala siswa.

Dalam gebyar PKWU ini kepala sekolah SMA N 1 JAKENAN mengundang kepala sekolah SMA sekabupaten Pati,dan beberapa kepala sekolah SMP yang ada disekitar SMA N 1 PATI. Bukan hanya kepala sekolah yang diundang tetapi juga Bupati Pati,dan pengawas di kabupaten Pati. Namun sayang ada beberapa tamu undangan tidak datang karena ada kepentingan yang lebih mendesak.

Karena gebyar PKWU ini adalah acara yang pertama kali diselenggarakan di SMA N 01 JAKENAN jadi para murid, guru maupun tamu undangan sangat antusias. “Besarnya antusias dan keingintahuan acara sangat memadatkan area namun sayang tidak dibuka untuk umum dan areanya terlalu sempit untuk acara tersebut” tutur salah satu panitia OSIS SMA N 01 JAKENAN.

Menurut kepala sekolah dan beberapa murid SMA N 1 JAKENAN gebyar pkwu ini sangat bermanfaat bagi siswa siswi untuk membangun karakter dan solidaritas sesama teman dalam mengatasi segala permasalahan yang dihadapi dalam gebyar tersebut. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk menanam  jiwa wirausahawan didiri para siswa siswi agar setelah lulus kelak berkeinginan menjadi wirausaha dan bukan menjadi pegawai negri mengingat untuk masuk menjadi pegawai negri sangatlah sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *